Pengalaman Belanja di Online Market

Halo!

Semenjak kuliah, gue udah kenal yang namanya belanja online. Pertamanya tentu aja melalui FJB Kaskus, terus merembet ke toko bagus dan kawan-kawannya. Sampai akhirnya sekarang muncul berbagai toko online yang profesional dan memberikan pelayanan yang cukup memuaskan juga. Nah, kali ini gue mau sharing beberapa pengalaman gue berbelanja online di beberapa online market di Indonesia. Ini pure loh ya pengalaman pribadi gue, bukan bayaran atau iklan, muehehe..

1. Berrybenka 


Kenapa gue bilang ini trusted online market? Ya iyalah, orang gue nitip dagangan di sini. Wekekekek! Kalau, gak percaya, coba cek brand Gengges! *teteppromosi* Jadi, berrybenka ini bisa dibilang ngumpulin produk-produk orang lain mulai dari brand terkenal sampai pengusaha kecil. Tapi, asal tau aja, gak gampang loh taruh produk kita di sini. Ada serangkaian proses mulai dari penawaran produk sampai penandatanganan kontrak. Jadi, produk yang tersedia di sini sudah melalui proses quality control dan sudah dipastikan ready stock. Jadi, gak usah khawatir belanja di sini.. Oia, produk yang dijual di Berrybenka sendiri masih seputar dunia fashion, kayak pakaian, sepatu, tas, dompet, sampai gelang dan kalung.


Gue sendiri (walaupun juga sebagai seller) udah 2x belanja di sini, pelayanannya lumayan cepat dan dikemas dengan rapi. Pertama gue beli tas yang ukurannya lumayan gede, dan Berrybenka membungkusnya dengan tas kanvas hitam berlogo Berrybenka. Di lain waktu, gue cuma beli eyeshadow sama eyeliner doang dan Berrybenka baik bangat ngasih sampel shampoo dan conditioner Mane 'n Tail dan sabun cair dove plus voucher belanja di nutrimart. Kalau yang kecil-kecil gini, biasanya Berrybenka pakai kotak hitam kecil tapi tetep dibungkus lagi produk kita dengan bubble wrap, jadi gak takut rusak. Selain itu, mereka juga memberikan surat refund apabila kita ingin mengembalikan barang karena tidak cocok dengan barangnya atau terjadi kerusakan saat pengiriman.

Tapi ketika memesan, ada 1 hal yang perlu kita lakuin, yaitu jangan lupa konfirmasi setelah transfer uang. Khawatirnya, kalau gak konfirmasi di webnya lagi, bisa-bisa gak dikirim-kirim barangnya.


2. Hijabenka

 


Hijabenka ini bisa dibilang sebagai saudaranya Berrybenka karena masih satu perusahaan. Produk yang dijualnya pun sama, masih seputar fashion. Bedanya, yang dijual di Hijabenka adalah fashion khusus muslim. Jadi, bakal ada produk seperti mukena, jilbab, bahkan sampai dalaman jilbab. Gue sendiri sebenernya belum pernah belanja di sini, tapi berhubung ini sama kayak Berrybenka, jadi pasti aman dan cara-cara belanjanya juga mirip-miriplah ya..

3. Koreabuys

 

Nah, dari namanya sudah keliatan kalau website ini menjual berbagai barang dari Korea. Gak semua barang sih, tapi yang jelas berbagai kebutuhan cewek ada di sini. Mulai dari baju, sepatu, tas, sampai make up. Dari gue pribadi, sangat menyarankan buat beli produk kecantikan di sini. Kenapa? Harganya itu miring banget disbanding beli di toko langsung. Misalnya, mask sheet etude kalau di took bisa sampai 30 ribu lebih. Tapi di sini, bisa setengah harga, belum lagi kalau kena diskon.


Koreabuys ini juga menyediakan jasa beli barang. Misalnya, ada barang yang kita pengen tapi di katalog website Koreabuys gak ada, nah kita bisa titip ke customer servicenya buat dikirim pada saat mereka sedang melakukan pembelian barang dari Korea. Buat packagingnya sendiri, dia lumayan rapi sih, setiap produk dibungkus dengan bubble wrap dan dibungkus dengan plastik.

Ada satu yang gue suka sih, setelah transfer uang kita gak perlu konfirmasi lagi kalau kita udah transfer. Tiba-tiba barangnya udah nyampek aja. Tapi ya kalau dibanding Berrybenka, ya cepetan Berrybenka sih nyampenya :[ Yaa berhubung Koreabuys jual aneka make up Korea yang mureh-mureh gue tetep setia belanja di sini :D

4. Lazada

 

Kalau Lazada ini paling lengkap dibanding yang lain. Dia gak hanya menjual fashion atau beauty, tapi sampai peralatan dapur, elektronik, perlengkapan bayi, semuanya ada. Jadi, bisa dibilang ini tuh big online market. Nah, di Lazada itu sellernya ada banyak, jadi bisa aja dalam 1 produk sellernya ada banyak, jadi kita bisa milih mau sama seller yang mana. Karena seller yang beda-beda itu, gue pernah beli beberapa produk dari Lazada. Waktu itu transfernya sih sekali, tapi kiriman paketnya berkali-kali. Ada yang dikirim dari Lazada (mungkin stocknya udah ada di Lazada), ada juga yang dari seller A, seller B, dan seterusnya. 


Packaging dari Lazada juga rapih, setiap produk dibungkus bubble wrap dan dibungkus lagi dengan kardus coklat berlogo Lazada. Selain itu, juga disediakan form pengembalian apabila produk yang diterima tidak sesuai. Oh iya, pelayanan dari Lazada ini cukup cepat lho! Waktu eyeliner yang mau gue beli di seller A habis, dan Lazada langsung menhubungi gue via email kalau produknya habis, jadi pesanannya mau di cancel, uangnya di return, atau diganti dengan produk yang lain. Akhirnya gue beli produk yang sama tapi dari seller yang lain.

Ya intinya, walaupun sellernya berbeda-beda, pelayanannya juga cepat karena kalau gak salah sih yaa.. sellernya itu dikasih waktu cuma beberapa hari buat ngirim barang ke buyer. Jadi, kalau telat kayaknya ada punishment gitu ke sellernya. Tapi gak tau juga sih.. Yang jelas, intinya seller gak dirugikan

Oke, itu beberapa pengalaman belanja gue di beberapa online market yang terpercaya. Semoga bisa menjadi sumber referensi kalian dalam belanjan online ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong